Tips Memasak Dan Membersihkan Griddle Dengan Aman

Jika Anda selama ini belum pernah mempertimbangkan opsi untuk memasak menggunakan griddle, inilah saatnya untuk mempertimbangkan opsi tersebut. Terlebih lagi ada griddle electric atau griddle elektronik yang hanya perlu dicolokkan ke sumber listrik.

Memasak dengan Griddle

Dengan griddle, Anda bisa membuat berbagai jenis masakan seperti pancake, bacon, telur ceplok, hash brown, French toast, dan sebagainya. Dan dengan griddle elektronik, Anda bisa mendapatkan panas yang merata ke seluruh permukaannya.

Agar pengalaman memasak Anda dengan griddle elektronik makin mudah, perhatikan pula aspek keamanannya. Selama memasak, gunakan sarung tangan masak/oven untuk menghindari kontak langsung antara tangan dengan griddle. Karena saat suhunya sudah panas, seluruh bagian griddle electric juga ikut memanas, termasuk bagian tepi dan pegangannya.

Selain itu, gunakan pula spatula dengan ukuran yang tepat, sesuai makanan yang Anda masak. Misalnya ketika Anda memasak makanan yang ukurannya lumayan besar seperti pancake atau sandwich besar, gunakan spatula yang lebih besar juga untuk mencegah tangan tersengat panas.

Jika Anda memasak daging dengan griddle, lemak-lemak yang keluar dari daging perlu Anda perhatikan. Contohnya ketika memasak bacon, yang menghasilkan banyak minyak. 

Pastikan minyak tersebut tidak menumpuk terus-terusan di atas permukaan griddle dan arahkan ke wadah penampungan minyak untuk menghindari risiko terbakar. Biasanya griddle sudah dilengkapi dengan wadah atau cekungan untuk menampung minyak hasil memasak.

Membersihkan dan Merawat Griddle

Seperti halnya alat masak lain, griddle juga butuh perawatan yang tepat agar kondisinya selalu bagus dan masa pakainya bertahan lama. Karena itu, segera bersihkan griddle segera setelah digunakan dengan menyingkirkan dulu sisa-sisa makanan dari permukaannya. Kemudian lanjutkan dengan mengelap griddle menggunakan lap yang lembap.

Pastikan bahwa Anda tetap menggunakan sarung tangan selama membersihkan griddle. Karena meskipun sudah selesai memasak sekalipun, besar kemungkinan bahwa alat masak yang satu ini masih panas.

Langkah terakhir adalah menuangkan sedikit minyak masak ke atas permukaan griddle electric, kemudian lap menggunakan kain. Setelah itu Anda bisa simpan griddle di tempat yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *