12 Tips Memilih Oven Listrik Tanam

oven listrik tanam

Peralatan masak kini semakin beragam. Tiap kompor dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satunya adalah oven listrik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat hendak memilih oven listrik tanam (built in).

Daya Listrik

Pastikan daya listriknya sesuai dengan batas daya listrik yang ada di rumah. Beberapa oven listrik memang memerlukan daya listrik yang besar di atas 1000 watt, namun ada juga yang hemat energi. Oleh karenanya pilih yang hemat daya listriknya. Oven listrik yang efisien pemakaian listriknya bisa menghemat tagihan pemakaian biaya listrik bulanannya.

Ukuran

Sangat penting memperhatikan ukuran fisik oven listrik tanam yang hendak dibeli. Hal ini karena ovennya akan ditempatkan secara permanen di dapur. Sehingga harus disesuaikan dengan ruangan dapur yang dimiliki. Ukurlah area tempat oven akan ditanam dengan secara akurat.

Kapasitas

Pertimbangan berikutnya adalah kapasitas oven. Apabila cukup sering memasak untuk banyak orang atau hendak digunakan untuk membuat hidangan dalam ukuran yang besar, maka bisa pilih oven dengan kapasitas yang lebih luas dan besar. Namun setidaknya akan memerlukan oven yang bisa cukup masuk loyang dalam ukuran 30 x 30 cm. Kapasitas tersebut sudah cukup memadai mampu digunakan untuk memanggang seekor ayam utuh.

Sistem Pemanasannya

Hendaknya memilih oven listrik yang bisa memanaskan dari atas dan bawah. Sehingga bisa lebih merata hasilnya.

Kontrol

Pertimbangkan tipe kontrol nya. Dalam hal ini secara digital atau analog. Kontrol digital biasanya akan lebih presisi dan lebih mudah dibaca.

Desain dan Tampilan

Pilih desain oven listrik tanam yang benar-benar sesuai dengan selera dan estetika dapur. Perlu diingat bahwa oven listrik tanam tersebut akan dipergunakan dalam jangka waktu yang lama dan akan menjadi bagian integral dari tampilan dapur. Sehingga pertimbangkan dengan benar-benar bentuk model hingga warnanya.

Fitur

Lalu cek juga fitur yang disediakan. Dalam hal ini seperti fitur untuk membuat pemanasan yang merata, dan fitur pembersih otomatis, juga fitur untuk grill, serta fitur khusus lainnya yang mungkin dibutuhkan.

Kemudahan Pembersihan

Oven listrik tanam dengan pembersih otomatis atau dengan lapisan khusus yang mudah untuk dibersihkan akan bisa menghemat waktu dan tenaga serta menjadi  nilai plus tersendiri yang patut dipertimbangkan. Mengingat penggunaannya dalam jangka yang panjang.

Faktor Keamanan

Cek fitur keamanannya. Dalam hal ini seperti pengunci pintunya. Terutama jika memiliki anak-anak. Lalu juga dengan fitur pendinginan otomatisnya. Sebaiknya pilih oven listrik yang ada dan lengkap fitur pengamannya.

Merk dan Ulasan

Pertimbangkan juga faktor merk dan ulasan dari konsumen lain yang bisa memberikan gambaran tentang kualitas serta kinerja oven. Oven listrik merk yang terkenal biasanya cukup bagus dan terjamin kualitasnya, serta bisa diandalkan. Merk yang populer biasanya didukung dengan garansi dan layanan purna jual yang bagus. Pilih juga yang memiliki reputasi yang baik dan yang mendapat ulasan yang positif.

Harga 

Bisa pilih penawaran harga yang menarik. Namun jangan lupakan dengan faktor kualitasnya. Sesuaikan juga dengan besaran anggaran yang tersedia. Jangan korbankan unsur kualitas demi selisih harga yang hanya tak seberapa.

Garansi dan Layanan Purna Jual

Cek juga dengan garansinya. Pertimbangkan jenis dan jangka waktu garansinya. Pilih yang menyediakan layanan purna jual yang baik. Agar mudah dalam mendapatkan spare part serta layanan perbaikan jika suatu saat terjadi masalah dengan oven listrik tanamnya.

Sebelum membeli, sebaiknya sempatkan untuk melihat langsung oven listrik tanam tersebut. Guna mendapatkan gambaran mengenai ukuran, dan tampilan, serta berbagai fiturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *