Memilih Jenis Atap Metal Yang Sesuai

rumah dengan atap metal spandek

Atap metal spandek memiliki keragaman warna dan model yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Para penggunanya bisa memilih jenis, warna, dan model yang sesuai dengan selera dan tema hunian mereka. Genteng metal tersedia dalam sejumlah jenis, berikut beberapa di antaranya.

Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek terbuat dari campuran galvalume, seng, dan aluminium. Terdapat pula tambahan bahan silikon untuk membuatnya lentur, sehingga atap tidak mudah rusak dan penyok. Rasio material yang digunakan dalam pembuatan genteng metal spandek adalah 55% aluminium, 43% seng, dan 1,5% silicon, dan sisanya galvalume.

Permukaannya bergelombang sehingga mudah dicat. Genteng metal spandek banyak digunakan pada bangunan cukup besar, seperti ruko, gudang, mall, dan pabrik. Kekurangan dari genteng metal jenis ini adalah harganya yang cukup mahal serta pemasangannya yang cukup lama.

Genteng Metal Standing Steam

Genteng metal standing steam memiliki desain garis lurus berjajar di bagian atasnya. Atap metal jenis ini cukup populer digunakan pada perumahan komersil karena tampilannya mengkilap dan mulus, membuat rumah terlihat lebih stylish dan menarik. Genteng ini menerapkan teknologi interlock system yang mana rangka atapnya menyatu langsung dengan genteng. Dengan sistem ini, genteng tidak akan mudah merosot walaupun terkena guncangan.

Genteng Metal Tembaga

Jika Anda menginginkan rumah Anda terlihat anti-mainstream dan nyentrik, memasang genteng metal tembaga bisa menjadi cara instan untuk mewujudkannya. Seperti namanya, jenis genteng metal ini menggunakan tembaga yang berkilau, terutama jika terkena sinar matahari. Genteng metal tembaga mempunyai daya tahan yang luar biasa bagus.

Bahkan, dikatakan bahwa atap ini bisa digunakan hingga 100 tahun. Sayangnya, genteng metal tembaga merupakan jenis yang termahal di antara jenis genteng metal lainnya. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakannya hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Contohnya, atap depan rumah atau bagian yang paling sering terkena hujan.

Itu tadi adalah beberapa jenis genteng metal. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, jenis atap metal spandek mana yang ingin Anda gunakan pada hunian Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *