Tips Pemasangan Atap Multiroof yang Benar, Jangan Asal-Asalan!

rumah pakai atap multiroof pasir

Memasang atap multiroof pasir sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Apalagi atap jenis ini cenderung ringan, tipis, dan proses pemasangannya tidak memakan waktu. Meski begitu, memasang multiroof juga butuh skill. 

Jangan sampai atap yang tampilannya estetik dan menarik jadi terlihat kurang maksimal gara-gara pemasangan yang keliru. Berikut ini tips pemasangan multiroof yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih Jenis Atap yang Sesuai Selera

Sebelum ke pemasangan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis atap. Multiroof hadir dengan pilihan dan harga yang beragam. Masing-masing jenis multiroof memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Begitupun dengan harganya yang tidaklah sama dari jenis satu dengan jenis lainnya. Oleh sebab itu, Anda harus menentukan dulu jenis mana yang paling cocok untuk hunian Anda. Baik dari segi desain, warna, hingga ukurannya.

  1. Siapkan Peralatan untuk Memasang Multiroof

Setelah menemukan multiroof yang paling sesuai, siapkanlah peralatan yang dibutuhkan. Dalam hal ini perlu diingat juga bahwa atap multiroof dapat dipasang pada rangka baja ringan maupun kayu. Pada rangka kayu, Anda harus menyiapkan paku untuk pemasangannya. 

Sedangkan pada baja ringan, dibutuhkan baut agar atap terpasang dengan baik. Selain itu, Anda juga butuh peralatan lain seperti tangga, palu, dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Jasa Profesional 

Bila Anda tidak berpengalaman memasang atap, sebaiknya gunakan jasa profesional di bidangnya. Pilihlah tukang terbaik untuk memasang multiroof agar tidak ada kesalahan yang berpotensi menyebabkan atap berlubang dan menimbulkan kebocoran. Tak masalah meski harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar tukang, asal hasil akhirnya memuaskan.

  1. Lakukan Perawatan Berkala

Setelah atap terpasang dengan baik, pastikan Anda melakukan perawatan secara berkala agar atap multiroof pasir lebih awet. Perawatan yang diperlukan hanyalah membersihkannya dari kotoran dan melakukan pengecekan bila ada keretakan.

Dengan melakukan empat hal di atas, atap multiroof pasir di rumah Anda akan terpasang dengan optimal. Tampilan hunian pun akan lebih indah bila atap dipasang oleh orang yang berpengalaman. Sebelum membelinya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kontraktor terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *