Jenis Jenis Digital Printing Jakarta

kegiatan di digital printing jakarta barat

Digital Printing Jakarta Barat adalah kemajuan teknologi dari evolusi pencetakan tradisional ke metode digital. Teknologi pencetakan ini mengubah gambar dan teks digital menjadi file untuk pencetakan langsung yang cepat dan mudah menggunakan berbagai media.

6 Jenis Digital Printing Jakarta

Pencetakan digital diklasifikasikan menurut jenis mesin yang digunakan. Berikut ini akan kami bahas mengenai jenis-jenis digital printing Jakarta Barat untuk lebih Anda pahami.

  1. Inkjet

Printer inkjet adalah printer umum di rumah dan kantor. Printer ini sering digunakan untuk keperluan percetakan komersial. Bisnis mesin fotokopi sebagai contoh, perusahaan yang sering menggunakan printer jenis ini.

Selain itu, printer ini juga banyak digunakan oleh perusahaan UMKM untuk membuat souvenir, seperti mug, cetak foto, undangan pernikahan, dll.

  1. Mesin plotter atau mesin plotter

Ini adalah jenis pers digital yang digunakan untuk pencetakan format lebar. Tersedia dalam berbagai merek dan ukuran mulai dari 1,5m, 3,2m hingga 5m, mesin ini dapat digunakan untuk mencetak berbagai jenis media promosi. 

Jenis tinta yang digunakan juga bisa bermacam-macam mulai dari dye atau pewarna hingga eco-solvent hingga UV hingga tinta solvent. Masing-masing tinta tersebut memiliki karakteristik tersendiri dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Digital offset

Printer digital yang mampu mencetak ukuran A4 hingga A0. Mesin ini terkadang digunakan untuk mencetak peta, monumen, mencetak buku, dll. Mesin ini dapat bekerja dengan cepat untuk mengeluarkan cetakan sesuai dengan design atau desain yang dibutuhkan.

  1. Print datar

Berbagai jenis digital printing saat ini sudah mulai mengkhususkan diri untuk mencetak pada media tebal seperti keramik, kaca, kayu, dan juga akrilik. Teknologi tinta UV cepat kering saat dicetak pada printer flatbed untuk menghasilkan gambar yang tahan lama.

  1. Print 3D

Jenis percetakan ini diperkenalkan di Indonesia dari tahun 2013-nya. Meski baru, 3D printing sudah menjadi teknologi baru dengan banyak aplikasi di banyak perusahaan. Printer ini menggunakan bahan photopolymer, yang memungkinkannya untuk membuat objek 3D sesuai dengan keinginan konsumen. 

Digital printing jenis ini sekarang tidak begitu populer karena permintaan pasar masih kecil. Mungkin printer 3D ini akan menjadi primadona dunia percetakan jika semakin banyak orang yang tertarik dan membutuhkannya.

  1. Digital Printing + Sablon

Teknik digital printing yang dipadukan dengan sablon ini masih tergolong baru dalam dunia percetakan, namun sudah sangat dikenal. Ini karena mereka murah untuk dioperasikan dan mudah digunakan. 

Mesin ini dapat mencetak langsung pada permukaan media seperti kanvas dan kapas polyester. Printer jenis ini menggunakan tinta Cornite Neo Pigment untuk kualitas cetak yang sempurna. Demikian informasi tentang jenis digital printing Jakarta Barat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *